Fakta Penyakit Tipes

Penyakit tipes memang seringkali kita dengar dan mungkin ada saudara tetangga yang pernah mengalami sakit tipes? Anda tahu tidak? Ada beberapa fakta – fakta mengejutkan dari penyakit tipes ini. Ingin tahu tentang fakta penyakit tipes? Simak ulasannya sampai akhir!

Fakta penyakit tipes

apa saja yang harus diketahui tentang penyakit tipes

Apakah Anda salah satu yang sudah mengalami penyakit tipes? Mudah – mudahan tidak dan tidak akan pernah ya.

Penyakit tipes yang sudah banyak sekali penderitanya ini tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak – anak, ibu hamil, dan lansia juga berisiko mengalami penyakit tipes. Ada berbagai fakta yang harus Anda ketahui mengenai penyakit tipes ini. Berikut diantaranya

Fakta penyakit tipes yang pertama :

Apakah Anda mengira bahwa tipes dan tifus itu penyakit yang sama?

Seringkali orang mengira bahwa penyakit tipes dan tifus itu adalah penyakit yang sama. Namun, faktanya tidak sama. Perbedaan dari penyakit tipes dan tifus terletak pada bakteri yang menjadi penyebabnya.

Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang terdapat pada tinja atau kotoran binatang. Bakteri ini  masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bakteri ini akan menginfeksi saluran pencernaan salah satunya usus.

Sedangkan penyakit tifus (typhus) disebabkan oleh bakteri Rickettsia. Infeksi bakteri ini menyebar melalui kutu atau tungau. Dilansir dari okezone, kutu atau tungau ini menggigit kulit yang dapat menimbulkan bekas di tubuh, sehingga kulit bisa terbuka jika sudah terkena goresan. Setelah bakteri bersentuhan dengan kulit yang terbuka maka akan mendapatkan akses ke aliran darah sehingga kutu atau tungau bereproduksi di dalam tumbuh.

Sudah tahu ya sekarang bedanya tipes dengan tifus?

Fakta penyakit tipes yang ke dua :

Apakah gejala tipes belum termasuk penyakit tipes?

Mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa ada orang yang sedang sakit gejala tipes. Faktanya, gejala tipes sudah berarti bahwa orang itu mengalami penyakit tipes. Hanya saja stadiumnya berbeda. Jika diibaratkan, gejala tipes merupakan stadium 1, maka penyakit tipes sudah stadium 2.

Sudah tahu manfaat seledri untuk mata belum? Kalau belum silakan cek >> di sini

Fakta penyakit tipes yang ke tiga :

Sering mendengar bahwa penderita penyakit tipes harus makan yang lembek – lembek?

Faktanya adalah penderita penyakit tipes tidak selalu harus makan  yang lembek – lembek. Dilansir dari forum detik, dr. Dante Saksono H. SpPD, PhD seorang dokter yang berpraktek di RSCM dan mengajar di FKUI menjelaskan “Orang dengan sakit tifus boleh makan seperti biasa atau nasi dan tidak harus makan yang lembek-lembek. Yang terpenting jangan terlalu banyak mengonsumsi sayuran berserat”. Hal ini karena makanan berserat sedikit lebih sulit dicerna oleh usus.

Jadi, jika Anda bertanya apakah penderita tipes boleh makan bakso? boleh makan nasi goreng? boleh makan nasi putih? Boleh makan bubur?

Jawabannya boleh. Namun, boleh di sini berarti dikonsumsi secukupnya. Tidak berlebihan. Hal ini karena bisa jadi Anda mengonsumsi bakso dengan cabe yang banyak, mengonsumsi nasi goreng yang mengandung banyak minyak. Bukannya akan membaik, malah mungkin akan datang penyakit yang lain.

Pernah dengar bahwa daun sirsak bisa mengobati benjolan di leher? Apa faktanya? Temukan di sini >> Cara mengobati benjolan di leher dengan daun sirsak

Fakta penyakit tipes yang ke empat :

Penyakit tipes harus diopname di rumah sakit. Apakah pernyataan ini benar?

Dilansir dari hellosehat, orang yang mengalami sakit tipes tidak selalu harus dirawat / diopname di rumah sakit.  Tipes bisa diobati dengan cara rawat jalan.

Dokter mungkin sering merekomendasikan untuk melakukan perawatan intensif di rumah sakit. Ini mungkin dilakukan karena penyakit tipes harus segera diobati dan dikhawatirkan penyakit tipes akan semakin parah. Jika tidak segera diobati, 1 dari 5 orang yang mengalami penyakit tipes dinyatakan meninggal dunia karena komplikasi tipes.

Percaya tidak? Daun kelor bisa menurunkan kolesterol! Cek di sini >> Cara mengolah daun kelor untuk kolesterol jahat

Komplikasi penyakit tipes yang mungkin terjadi jika tidak segera diobati diantaranya adalah pendarahan dalam, gangguan pernafasan (seperti pneumonia), hingga gangguan fungsi jantung (seperti peradangan otot jantung, peradangan dinding jantung, hingga gagal jantung akut).

Nah, kami mempunyai rekomendasi pengobatan alternatif penyakit tipes yang aman dan sudah terbukti khasiatnya yaitu Qnc jelly gamat.

Cek di sini >> Obat tipes di apotik

Obat herbal sakit tipes untuk anak dan dewasa

obat sakit tipes untuk anak dan dewasa

Qnc jelly gamat ini sudah terbukti membantu mengatasi dan mengobati penyakit tipes pada anak dan dewasa se cara alami dan aman tanpa efek samping. Aman karena Qnc jelly gamat terbuat dari 100% bahan herbal alami unggulan yang terpilih.

Chat langsung dengan admin Qnc jelly gamat, silakang klik link berikut :

Whatsapp >> Klik di sini
SMS >> Klik di sini

Fakta penyakit tipes yang ke empat :

Benarkah penyakit tipes disebabkan oleh kecapean?

Saya pernah mendengar pernyataan ini. Namun, pernyataan ini kurang tepat karena sudah dijelaskan tadi di atas bahwa faktanya penyakit tipes disebabkan oleh bakteri. Pernyataan ini diluruskan oleh Prof. Dr. Djoko Widodo, SpPD-KPTI dari bagian Tropik Infeksi Ilmu Penyakit Dalam FKUI. Beliau menjelaskan:

“Prinsip yang benar adalah saat daya tahan tubuh kita menurun akibat capai, tubuh bisa terkena infeksi. Namun, perlu diingat, infeksi terjadi bukan hanya karena capai, melainkan juga harus ada kuman yang masuk, itu pun masih tergantung  jumlah dan keganasan kuman itu sendiri,” ujarnya.

“Oleh sebab itu, jagalah daya tahan tubuh sebaik-baiknya karena infeksi apa pun bisa terjadi bila daya tahan tubuh menurun,” kata Djoko yang berada di Mitra International Hospital Jatinegara, Jakarta.

Kaki sering kesemutan dan kram? Temukan penyebabnya di sini >> Penyebab kaki sering kesemutan dan kram

Fakta penyakit tipes yang ke lima :

Penderita  penyakit tipes harus istirahat total alias bedrest.

Pernyataan ini sepenuhnya benar. Namanya juga orang sakit pasti harus istirahat ya? Namun, selain memang untuk istirahat, ternyata bedrest orang yang mengalami tipes ini memang diharuskan dan ada alasannya.

Bakteri yang menyebabkan tipes ini bisa masuk ke aliran darah. Nah, ketika kita bergerak maka pergerakan peredarah darah juga semakin cepat. Jika aliran darah cepat, sudah dipastikan bakteri dapat menyebar lebih cepat ke seluruh tubuh dan sakit tipes bisa bertambah parah. Pastikan istirahat yang banyak terutama tidur. Jangan begadang karena tidak ada artinya. (Kata bang Rhoma Irama).

Nah, itulah beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang penyakit tipes. Jangan lupa agar selalu jaga kesehatan, makan makanan bergizi seimbang, olah raga teratur, dan istirahat yang cukup agar sistem kekebalan tubuh Anda semakin kuat sehingga kuman, bakteri, virus, jamur, atau parasit, tidak sanggup bertahan dalam tubuh Anda.

Semoga bermanfaat..

Fakta penyakit tipes yang harus diketahui

diposting oleh walatra propolis brazil

Leave A Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *